Minggu, 11 April 2010

Laporan BAB 5 FLIP FLOP



FLIP-FLOP
LAPORAN
Flip-flop adalah suatu rangkaian yang terdiri dari dua elemen aktif (transistor) yang kerjanya saling bergantian. Flip-flop merupakan sel biner yang mampu menyimpan data satu bit, sehingga sel ini dinamakan pula memori satu bit. Ciri-ciri yang paling menojol dari flip-flop adalah memiliki dua output, yaitu satu untuk output dari data yang disimpan dan yang satunya lagi merupakan komplemen lainnya. Berbagai macam flip-flop yang dapat ditemukan dalam bidang teknik digital diantaranya adalah flip-flop Set-Riset, flip-flop JK ,flip-flop JK Slave-Master, flip-flop D.
Flip-flop Set –Riset
Sesuai dengan namanya, flip-flop Set-Riset atau disingkat dengan S-R yang merupakan memori yang dapat melakukan penyimpanan data dengan cara memberi sinyal pada input S dan R.
1.RS flip flop dari gerbang NAND


Gambar rangkaian RS Flip Flop dengan NAND


Tabel RS Flip Flop dengan NAND


2. RS flip flop dengan clock
Halaman 23 no 3
A.

Gambar rangkaian flip flop dengan clock

Tabel rangkaian flip flop dengan clock

B.


Gambar rangkaian flip flop dengan clock


Tabel rangkaian flip flop dengan clock

TUGAS


Filp-flop J-K

Kelemahan dari Flip-flop Set –Riset adalah munculnya output yang tidak dapat didefinisikan ketika input S dan R tinggi untuk jenis NOR dan rendah untuk jenis AND. Untuk menanggulangi keadaan tersebut, maka dikembangkan. menjadi flip-flop J-K yang dibangun untuk mengantisipasi keadaan terlarang pada Flip-flop Set –Riset.

MASTER SLAVE JK FLIP FLOP

Sebuah master slave JK Flip Flop di bentuk dari dua buah SR Flip Flop, dimana operasi dari kedua SR Flip Flop tersebut dilakukan secara bergantian, dengan memberi input Clock yang berlawanan pada ke dua SR Flip Flop tersebut. Prinsip dasar dari Master Slave JK adalah: jika Clock diberi input “1”, gerbang AND 1 dan 2 akan aktif, SR Flip Flop ke 1 akan menerima data yang di masukkan melalui input Jdan K, semantara gerbang AND 3 dan 4 tidak aktif, sehingga SR Flip Flop ke 2 tidak ada respon. Sebaliknya jika Clock dari input 0, gerbang 3 dan 4 aktif, slave akan mengeluarkan output di Q dan Q’, sementara master tidak merespon input, karena gerbang AND 1 dan 2 tidak aktif.

Halaman 25 no 5


Rangkaian Master Slave




Tabel Master Slave

Flip-flop - D

Selain Flip-flop Set –Riset dan flip-flop J-K ada pula Flip-flop D. sesuai dengan namanya, input flip-flop ini adalah D. flip-flop ini dibangun dengan menggunakan flip-flop Set-Riset seperti gambar dibawah ini :


Dengan adanya gerbang NOT yang masuk ke R , maka setiap inputan yang diumpankan ke D akan memberikan keadaan yang berbeda pada inputan S dan R .

Halaman 24 no 4:

Rangkaian D Flip flop

Tabel kebenaran Flip-flop D



Label:

2 Komentar:

Pada 23 Mei 2011 pukul 08.18 , Blogger Unknown mengatakan...

makasi infonya

 
Pada 11 Januari 2012 pukul 04.43 , Blogger johan costeen mengatakan...

Thank's ya atas info nya

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda